Sabtu, 24 Juni 2017

Irjen Waterpauw berkunjung ke Mappi

id Irjen Waterpauw berkunjung ke Mappi, PW, Papua
Irjen Waterpauw berkunjung ke Mappi
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw disambut tarian adat oleh masyarakat Kepi, Kabupaten Mappi, Papua. (Foto: Istimewa/Humas Polda Papua)
Beliau disambut oleh tokoh masyarakat dengan tarian adat serta dilaksanakan pengalungan bunga dan pemasangan mahkota sebagai penghormatan masyarakat Mapi. Selanjutnya menuju Polres Mappi disambut dengan hajar hormat oleh Ton Dalmas dan perwira
Jayapura (Antara Papua) - Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Paulus Waterpauw yang akan purna tugas dari jabatannya sebagai Kapolda Papua, menyempatkan diri berkunjung ke Kepi, Kabupaten Mappi guna mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat di sana.

Kapolres Mappi AKBP Wartono ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Papua, Jumat mengatakan Irjen Waterpauw tiba di Kepi, Kabupaten Mappi sekitar pukul 13.30 WIT bersama rombongan.

"Beliau disambut oleh tokoh masyarakat dengan tarian adat serta dilaksanakan pengalungan bunga dan pemasangan mahkota sebagai penghormatan masyarakat Mapi. Selanjutnya menuju Polres Mappi disambut dengan hajar hormat oleh Ton Dalmas dan perwira," katanya.

Kedatangan Kapolda Papua ke Mappi itu, kata dia, untuk bersilaturahmi dengan pimpinan TNI, pemerintah daerah, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh agama dengan tujuan untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah.

"Kegiatan ini dilaksanakan di aula Mapolres Mappi. Saya sampaikan banyak terima kasih kepada Bapak Kapolda atas kunjungannya di Kabupaten Mappi," katanya.

Pada momentum itu, Wartono mengaku melaporkan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Mappi yang hingga kini masih dalam keadaan aman dan terkendali.

"Saya juga menjelaskan tentang astra gatra kabupaten, situasi kesatuan Polres Mappi baik personel dan material pendukungnya, yang mana kesemuanya masih membutuhkan penambahan personil karena belum adannya pleton Dalmas karena jumlah personil yang masih sangat terbatas," katanya.

Lebih lanjut, kata dia, Pemerintah Kabupaten Mappi yang diwakili oleh Asisten III menyampaikan terima kasih atas kunjungan Kapolda Papua dan rombongan.

"Pak Asisten III Sertda Mappi menjelaskan letak geografis dan demografi Kabupaten Mappi dan bersinergi dengan Polres setempat dalam menjaga kamtibmas," katanya.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas penyambutan dan kehadiran Forkopimda serta tokoh masyarakat.

Pada kesempatan itu, Kapolda Papua juga memperkenalkan tentang asal usul dirinya, serta menceritakan sedikit tentang masa kecil hingga menjadi Kapolda Papua dan akan segera menempati jabatan baru sebagai Wala Baintelkam Mabes Polri.

"Pak Kapolda menyampaikan soal pergantian dirinya, dan beberapa hari lalu telah menerima telegram dari Mabes Polri tentang pergantian Kapolda, yang akan digantikan oleh Irjen Pol Drs Boy Rafli Amar yang saat ini menjabat Kadivhumas Polri," katanya.

Dalam pertemuan itu, Kapolda Papua juga menjelaskan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba maupun minuman keras, yang hingga kini sudah banyak masyarakat yang jadi korbannya.

"Yang terbaru narkoba ditemukan berbentuk seperti gula. Kapolda juga menjelaskan bagaimana menyikapi teknologi dan keterbukaan informasi yang sangat mempunyai pengaruh dan dampak negatif bagi para remaja, sehingga orang tua mempunyai kewajiban untuk selalu mengawasi putra putri kita dalam beraktifitas didalam maupun diluar rumah," katanya.

"Kapolda Papua juga menjelaskan tentang pasca pelaksanaan pilkada serentak 2017 yang telah dilalui beberapa bulan yang lalu di Provinsi Papua, pada prinsipnya berjalan aman meski ada beberapa daerah yang terjadi konflik. Ini menjadi pelajaran untuk semua karena kedepan akan ada agenda pelaksanaan demokrasi seperti Pilgub 2018 dan Pilpres 2019," katanya.

Usai memberikan pengarahan dan sambutan, Kapolda Papua memberikan buku dan bingkisan kepada masyarakat dan pelajar.

Selanjutnya peresmian aula Polres Mappi secara simbolis yang dilakukan oleh Kapolda disaksikan oleh tamu undangan dan seluruh anggota Polres Mappi. (*)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga